Kota Malang, terletak di Jawa Timur, Indonesia, dikenal tidak hanya dengan keindahan alamnya, tetapi juga dengan ragam kuliner lezatnya. Dari makanan ringan hingga hidangan khas, Malang memiliki banyak sajian yang menggoda selera. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi beberapa Kuliner Khas Malang yang terkenal enak dan patut dicoba saat Anda mengunjungi kota ini.

1. Bakso Bakar Pak Man

Bakso Bakar Pak Man adalah makanan yang unik dan lezat di Malang. Bakso, atau bola daging, adalah hidangan yang sangat populer di seluruh Indonesia, tetapi di sini, bakso dipanggang setelah direbus. Hasilnya adalah bakso yang memiliki tekstur renyah di luar dan lembut di dalam. Bakso Bakar Pak Man sering disajikan dengan saus pedas dan tahu goreng yang nikmat.

2. Sate Klopo Ondomohen

Sate Klopo Ondomohen adalah sate khas Malang yang dibuat dengan menggunakan daging ayam atau kambing yang dicampur dengan kelapa parut. Daging yang telah dicampur dengan kelapa ini kemudian dibumbui dengan rempah-rempah yang khas, dan hasilnya adalah sate yang memiliki rasa gurih dan lembut. Sate ini biasanya disajikan dengan bumbu kacang dan lontong.

3. Pecel Kawi

Pecel Kawi adalah hidangan sayuran segar yang disajikan dengan sambal kacang khas Jawa Timur. Sayuran seperti kacang panjang, daun singkong, tauge, dan kecambah disiram dengan sambal kacang yang kaya rasa. Hidangan ini sering disajikan bersama nasi atau lontong dan kadang-kadang ditambahkan dengan telur rebus dan kerupuk.

4. Rujak Cingur

Rujak Cingur adalah hidangan tradisional dari daerah Surabaya yang juga sangat populer di Malang. Hidangan ini terdiri dari irisan daging cingur (hidung sapi yang telah dimasak), irisan tahu, lontong, dan sayuran seperti kacang panjang dan tauge, semuanya disiram dengan saus rujak yang pedas dan bercita rasa kacang.

5. Lontong Balap

Lontong Balap adalah makanan ringan yang populer di Malang. Hidangan ini terdiri dari potongan lontong (ketan yang dikukus), tauge, tahu goreng, dan irisan mentimun yang disiram dengan kuah kacang yang gurih dan pedas. Lontong Balap biasanya ditaburi bawang goreng dan kerupuk sebagai pelengkap.

6. Rendang Sapi Khas Malang

Meskipun rendang biasanya dikaitkan dengan masakan Padang, Malang juga memiliki versi rendang yang lezat. Rendang sapi khas Malang adalah masakan daging sapi yang dimasak dengan rempah-rempah seperti serai, jahe, dan santan kelapa. Hasilnya adalah daging yang empuk dan bumbu yang kaya rasa.

7. Tahu Campur

Tahu Campur adalah hidangan yang terdiri dari irisan tahu, tauge, bawang goreng, dan pelengkap lainnya yang disiram dengan kuah kaldu sapi yang kaya rasa. Hidangan ini memiliki cita rasa yang seimbang antara gurih dan gurih, dan seringkali disajikan dengan mie atau lontong.

8. Cwie Mie Malang

Cwie Mie Malang adalah hidangan mie khas Malang yang terdiri dari mie yang direbus dan diberi topping dengan irisan daging ayam atau babi, jamur, bakso, dan telur rebus. Hidangan ini disajikan dengan kuah yang gurih dan kental, serta acar sebagai pelengkapnya.

9. Puthu Lanang

Puthu Lanang adalah kue tradisional khas Malang yang terbuat dari tepung beras dan kelapa parut. Kue ini umumnya berbentuk bulat, dan teksturnya lembut dan kenyal. Puthu Lanang biasanya disajikan dengan taburan kelapa parut dan gula merah yang lezat.

10. Bakpao Telur Asin

Bakpao, atau bun dengan isian, adalah camilan yang populer di seluruh Indonesia. Namun, di Malang, ada varian khusus yang terkenal, yaitu Bakpao Telur Asin. Bakpao ini berisi telur asin yang gurih, dan kombinasi rasa manis dan gurih membuatnya sangat lezat.

Kuliner Malang Legendaris menawarkan kombinasi unik dari rasa, tekstur, dan cita rasa yang memukau. Ketika Anda mengunjungi kota ini, pastikan untuk mencoba hidangan-hidangan khas ini di warung atau restoran lokal. Jangan ragu untuk menjelajahi berbagai kuliner lainnya yang juga tersedia di Malang, karena kota ini memiliki banyak hal lezat yang ditawarkan kepada para pengunjungnya. Selamat menikmati perjalanan kuliner Anda di Malang!

Related Post